Tips Sebelum berkunjung ke Maroko

 

     
  
1. Bebas Visa untuk Indonesia

Hubungan Indonesia Maroko sejak jaman Soekarno terjalin dengan  baik. Menurut sejarah,  Indonesia adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Maroko. Karena hubungannya baik maka untuk orang Indonesia bebas visa bila berkunjung ke Maroko .

   2. tidak berpakaian terbuka   

Maroko adalah negara Islam maka hampir  semua wanita berhijab. Untuk itu ada baiknya untuk orang Indonesia yang tidak berhijab, tidak memakai pakaian yang terlalu terbuka.

 

   3. Uang Recehan

Saat saya belanja atau naik taxi hampir sering tidak ada kembalian. Maka dari itu harus sedia uang recehan. oya, mata uang mereka adalah Dirham.

  4. Tawar Menawar

Tawarlah harga bila membeli barang di toko-toko atau orang peroarangan karena mereka memasang tarif berkali lipat. Saya kaget waktu itu ketika membeli barang di salah satu toko dan kemudian saya bandingkan dengan harga di Mall. Ahhhaaa harganya berlipat-lipat.

5. Bahasa

Selain bahasa Arab, banyak orang yang bisa berbahasa Perancis dan bahasa Inggris.

6. ATM

Bila kita akan mengambil uang di ATM, sering kali ATM nya eror karena uangnya habis. Jadi sebelum pergi cek dulu uang dirham yang ada dikantong kira-kira cukup tidak. Kalau tidak , mungkin bisa ditukar di Money changer atau di resepsionis hotel.

7. Air

Saat kita haus sebaiknya kita minum air aqua, sekalipun saat sikat gigi. Hindari makan ice cream.

8. Bawa obat sakit perut atau immodium

Paling tidak nyaman  kalau dalam perjalanan sakit perut, tapi kadang tidak bisa terhindari. Untuk itu ada baiknya sedia immodium atau obat sakit perut untuk berjaga.

9. Bawa Tissu Toilet

Tidak Semua toilet umum ada tissunya dan  tidak semua airnya bening. Jadi dalam perjalanan wajib membawa tissu basah atau toilet paper.

10. Foto

Bila ingin berfoto dan meminta bantuan mereka atau memoto mereka terkadang ada yang suka meminta tip.

Namun demikin tak perlu banyak kekhwatiran  karena keindahan Maroko akan kita temukan saat berada disana. Enjoy!!

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *