Jalan-jalan ke Pantai Agadir Maroko

Saat melancong ke Maroko, saya berkunjung ke kota Agadir yang terletak di bagian Barat Daya negara Maroko. Kota Agadir ini memiliki pantai yang terkenal dengan  keindahannya yaitu Pantai Agadir. Selain bersih, bentuknya unik , melengkung panjang  seakan tak bertepi.

 

Sepanjang 300 hari pantai ini bermandikan sinar matahari.  Berlatar belakang Kasbah dan  air laut Samudra Atlantik senantiasa membasuh pantai Agadir yang berhamparkan pasir .  Benar-benar ini  melengkapi kecantikan pantai Agadir.

 

Dari tepi pantai Agadir ini, saya bisa melihat Kasbah yang bertengger di bukit kota Agadir yang menjulang sekitar 240 m di atas permukaan laut. Pada Jaman Dinasti Maroko, Kasbah ini dijadikan sebagai perlindungan dari kekuatan kolonial Portugis. Dari Kasbah inilah kita bisa melihat panorama pemandangan pusat kota Agadir dan pantai Agadir. Banyak orang yang menyebut Kasbah tersebut dengan nama Agadir Oufella.

 

 

kota Agadir dilihat dari Kasbah saat malam hari.

Aktifitas yang bisa dilakukan di sekitar Pantai Agadir

  • Jalan-jalan dan naik unta disekitar Pantai Agadir

 

Setelah sarapan pagi saya berkeliling pantai untuk sekedar jalan-jalan. Unta pun mulai berlalu lalang dan  bila tertarik menaiki unta maka merekapun  siap mengantarkan  berkeliling pantai.

 

 

 

 

 

 

 

  • Berbelanja dan kuliner

Disepanjang Marina Agadir banyak toko-toko butik dan pernak pernik ataupun oleh-oleh. Pada saat berbelanja siapkan uang recehan karena terkadang mereka tidak mempunyai uang kembalian dan harus pandai-pandai tawar menawar.

Bila ingin bersantap siang atau malam, sederetan restauran dan cafe di sekitar Marina  menawarkan berbagai sajian bergaya Perancis. mediterania dan masakan autentik  lokal Maroko.

 

 

Tajine adalah salah satu masakan autentik lokal Maroko dengan bahan utamanya daging sapi,  daging kambing. ikan atau ayam dengan sayuran ditambah dengan buah almond serta kacang-kacangan dibubuhi dengan bumbu khas Maroko

 

Bumbu-bumbu Maroko itu terdiri dari berbagai macam rempah-rempah yang baunya khas dan warna warni

Masakan Tajine ini dimasak diatas anglo Tajine yang terbuat dari  tanah liat dengan tutup berbentuk kerucut. Anglo Tajine dijual di pasar tradisional Souk.

 

  • Jalan-jalan di sekitar kota Agadir

 

Sewaktu saya jalan jalan di sekitar kota Agadir saya meyempatkan diri untuk melihat kendurian, beberapa gadis memakai pakaian dan asoseris cukup menarik dan terlihat cantik.

  • Menikmati Sunset di atas Laut Samudra Atlantik

Saat sore tiba. suasana ramai dan  masih terlihat banyak yang masih berenang,  main sky air dan banyak juga orang yang mondar mandir jalan jalan atau seakedar menunggu matahari terbenam. Matahari terbenam atau sunset di Maroko itu indah. tidak heran kalau mendapat julukan Al magribi. Jangan lupa siapkan kamera atau Hanphone untuk mengabadikan saat-saat terbenamnya matahari. Panorama tenggelamnya matahari  di atas Samudra Atlantik ini akan terlihat jelas karena turun tenggelamnya perlahan-lahan. Saat itu saya lupa membuat vidio sunsetnya hanya berfoto sebentar dan menikmati keindahan tenggelamnya matahari di atas samudra

 

 

 

Bila melewati  pantai  saat malam hari, maka kita akan melihat di lereng kasbah  tulisan  huruf-huruf Arab yang menyala yang artinya   “Tuhan, Negara, Raja” terukir dilereng bukit Kasbah.

 

 

Tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi sekitar  kota Agadir

1. Kota Taroudant

Pagi-pagi saya  berangkat mencoba menjelajahi cara hidup tradisional di Maroko di kota Taroudant.  Kota Taraodant  mempunyai benteng yang yang berdinding kuno seperti terbuat dari lumpur berwarna merah tanah. Kota ini dikenal juga sebagai Mini Marakesh. Di kota ini terdapat pasar tradisional Souk yang cukup lumayan besar dan banyak pengrajin perak. kulit. tembaga dan karpet.

 

2. Sahara antara Taraoudant dan Tiout 

 

Sepanjang jalan antara Taoudant dan Tiout banyak pohon Argan. Banyak mobil-mobil yang berhenti untuk memoto pohon argan ini karena banyak kambing-kambing yang bisa memanjat pohon-pohon Argan tersebut. Masyarakat setempat menggunakan buah Argan ini untuk diolah menjadi bahan kosmetik terutama untuk kulit dan rambut karena banyak kandungan vitamin A, E, anti-oxidan,  Omega-6 fatty acids.

 

Selain melihat pohon Argan dan kambing yang memanjat pohon, sayapun melipir melihat pengolahan buah argan dan wisata  mini sahara. Serasa benar-benar di gurun sahara padang pasir.

 

3. Kota Tiout

Di kota Tiout saya bertemu dengan orang suku asli Maroko yaitu Berber. Kendaraan yang biasa dipakai oleh suku Berber adalah keledai. Akhirnya sayapun   berkeliling ke  Kasbah Tiout, yang terletak di kaki Gunung Anti-Atlas dengan dengan menunggang keledai.  Di sekitar Tiot banyak ditumbuhi pohon kelapa.

 

 

4. Croco

 

Mengapa dinamakan taman Croco ? karena taman ini berisi sekitar lebih dari 300 ekor buaya. Selain buaya banyak juga  tanaman eksotik. Taman yang paling bagus adalah Le Jarrdin des Cactus, dimana saya bisa melihat semua species kaktus dari seluruh dunia.

 

 

 

Demikianlah adventure Agadir Maroko. Apakah ada yang tertarik berkunjung ke Agadir Maroko ?. Kalau ada silahkan baca dulu tips sebelum pergi ke Maroko.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *